BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Dalam
sastra tionghua ada banyak sekali kata dan memiliki banyak arti.Ada kata yang
sama tetapi memiliki arti berbeda,ada juga kata yang berbeda tetapi memiliki
arti yang sama tetapi memiliki perbedaan penggunaan.Salah satu contoh kata itu
adalah haishi dan huozhe.
Haishi
dan huozhe memiliki arti yang sama yaitu atau.Dalam lingkup ini kami ingin mengetahui
pengetahuan mahasiswa Widya Kartika tentang perbedaan penggunaan kata Haishi
dan Huozhe dalam kegiatan Sastra Tionghua.
1.2 PerumusanMasalah
Dari latar belakang diatas maka penulis mengambil
perumusanmasalahsebagaiberikut :
“Apakah mahasiswa tahu perbedaan penggunaan haishi atau
huozhe dalam sastra tionghua?”
1
1.3 TujuanPenelitian
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan mahasiswa tentang perbedaan kata haishi
dan huozhe.
1.4 ManfaatPenelitian
Manfaat dari penelitian untuk mengatahui pengetahuan mahasiswa tentang perbedaan kata haishi
dan huozhe dalam sastra tionghua.
1.5 MetodePenelitian
Untuk mendampatkan informasi kami membagikan
kuisoner.
1.6 Hipotesis
Hipotesis dari karya tulis ini yaitu mengetahui seberapa jauh pengetahuan mahasiswa tentang perbedaan kata haishi
dan huozhe.
1.7 Waktu dan Lokasi Penelitihan
Lokasi Penilitian di lakukan Universitas Widya
Kartika .
2
BAB 2
LANDASAN TEORI
2.
Pengertian
Haishi dan Huozhe
Haishi dan huozhe adalah sebuah kata dalam bahasa
Tionghua yang memiliki arti yang sama yaitu atau.Akan tetapi Haishi
dan Huozhe memiliki perbedaan penggunaan.Haishi digunakan dalam kalimat
pertanyaan.Misalnya:Ni yao he kafei haishi cha ?(Kamu mau minum kopi atau teh?)Sedangkan
huozhe digunakan dalam membuat pernyataan.Misalnya:Mingtian wo qu GM huozhe
PTC.(Bsok saya pergi GM atau PTC.)
3
BAB 3
PEMBAHASAN PENELITIAN
3.1 Metode
Penelitian
Dalam pengerjaan
karya tulis ini, penulis memperoleh data dengan cara menyebarkan angket. Angket
tersebut kami sebarkan kepada Mahasiswa Widya
Kartika dengan jumlah 10.
3.2 Hasil Penelitian
Data angket yang
diperoleh , kami buat table sepertiberikut:
1. Apakah anda bisa bahasa Mandarin/Tionghua
?
Pilihan
|
Jawaban
|
Jumlah
|
Persentase
|
A
|
Bisa
|
5
|
50 %
|
B
|
Tidak bisa
|
5
|
50 %
|
Dari
hasil penelitian 10 siswa tercatat 50%
siswa bisa mandarin atau bahasa tionghua
dan 50% siswa tidak
bisa Bahasa Mandarin/Tionghua.
4
2. Apa anda tahu arti kata Haishi?
Pilihan
|
Jawaban
|
Jumlah
|
Persentase
|
A
|
Tahu
|
4
|
40 %
|
B
|
Tidak
tahu
|
6
|
60 %
|
Dari hasil
penelitian 10 siswa tercatat 40%
siswa menjawab tahu arti kata
haishi sedangkan 60% menjawab tidak tahu
3. Apa anda tahu arti kata Huozhe ?
Pilihan
|
Jawaban
|
Jumlah
|
Persentase
|
A
|
Tahu
|
5
|
50 %
|
B
|
Tidak tahu
|
5
|
50 %
|
Dari hasil
penelitian 10 siswa tercatat 50%
siswa menjawab tahu arti kata
huozhe sedangkan 50%
5
4. Apakah anda tahu perbedaan Haishi dan Huozhe?
Pilihan
|
Jawaban
|
Jumlah
|
Persentase
|
A
|
Tahu
|
2
|
20 %
|
B
|
Tidak tahu
|
8
|
80 %
|
Dari hasil penelitian
10 siswa tercatat 20% siswa menjawab tahu perbedaan Haishi dan huozhe dan 80%
siswa menjawab tidak tahu perbedaan
haishi dan huozhe.
6
BAB
4
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Dari
hasil penelitian yang telah kami lakukan dengan penyebaran angket, dapat kami
ambil kesimpulan sebagai berikut:
1.Sebagian siswa Widya Kartika tidak bisa Bahasa Tionghua.
2.Masih sedikit siswa Widya Kartika yang mengetahui perbedaan kata haishi dan huozhe.
4.2
Saran
Sebaiknya mahasiswa Widya Kartika lebih sering membaca
buku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar