Rabu, 17 Desember 2014

LAPORAN MAKALAH “PENGAPLIKASIAN GAME CHINESE WRITER PADA MAHASISWA UWIKA TERHADAP PEMAHAMAN BAHASA MANDARIN DI TAHUN 2014”


BAB  1             
PENDAHULUAN

1.1       Latar belakang masalah pada umumnya membutuhkan manusia lain .
Dalam lingkup ini kami ingin mengetahui seberapa jauh pengetahuan para mahasiswa terhadap cara pengaplikasian game Chinese writer. Khususnya pada mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa mandarin.
 1.2      Perumusan Masalah
Dari latar belakang diatas maka penulis mengambil perumusan masalah sebagai berikut : “Bagaimana cara pengaplikasian game Chinese writer dikalangan mahasiswa khususnya di Universitas Widya kartika ?”                                                          
1.3       TujuanPenelitian
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan mahasiswa dalam game Chinese writer.
1.4       Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian untuk mengatahui pengetahuan mahasiswa dalam game Chinese writer.
1.5       Metode Penelitian
Untuk mengetahui data dan infortmasi yang diperlukan, penulis menggunakan angket untuk mendapatkan hasil penelitian, selain itu kami juga mengambil dari media masa dan internet.
1.6       Hipotesis
Hipotesis dari makalah ini yaitu seberapa jauh pengetahuan mahasiswa dalam game Chinese writer padah mahasiswa Universitas Widya Kartika.
1.7       Waktu dan Lokasi Penelitihan
Waktu dan lokasi dalam pelaksanaan penelitian dilakukan di Universitas Widya Kartika dalam  jangka waktu sekitar satu bulan.Dimulai dari penelitihan data ,pengumpulan data hingga kegiatan lapangan dan yang akhir penulisan hasil akhir penelitian.

1
1.8       Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan dalam makalah ini akan dijelaskan hasil penelitian dimulai dari bab pendahuluan, Bab itu merupakan latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode penelitian, hipotesis, waktu dan lokasi penelitian, sampai proses terakhir pada sistematika penelitihan. Selanjutnya dilanjutkan dengan bab kedua yang berisi tentang kerangkateoritis yang terdiridari beberapa definisi tentang Pengaplikasian game Chinese writer pada mahasiswa uwika. Lalu bab berikutnya penulis membahas secara seluruh tentang masalah yang diangkat yaitu mengenai manfaat yang diperoleh saat mahasiswa mengunakan aplikasi Chinese writer. Bab keempat merupakan bab penutup dalam karya ini. Pada bagian ini, penulis penyimpulkan uraian yang sebelumnya yang telah disampaikan, dan memberikan saran agar mahasiswa yang belum bisa menggunakan aplikasi tersebut dapat menggunakan dengan benar.
















2
BAB 2
LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Pengaplikasian game Chinese writer
Aplikasi chinese writer ini hanya ada di play store android dan  app store iphone.Aplikasi ini juga dapat diunggahnya secara free dan aplikasi ini dapat digunakan oleh siapa saja.
2.2 Tujuan menggunakan aplikasi game writer
Memudahkan seseorang untuk belajar bahasa mandarin.
2.3 Manfaat menggunakan aplikasi game writer
1. Untuk belajar menulis goresan mandarin.
2. Melatih kecepatan tangan dalam menulis hanzi mandarin.                        
2.4 Penyebab aplikasi game writer
1. Banyak mahasiswa yang belum bisa ahli dalam menulis hanzi mandarin.
2. Banyak mahasiswa yang masih kurang menengerti langkah-langkah yang benar dalam menulis hanzi mandarin.



3
BAB  3
PEMBAHASAN PENELITIAN

3.1 Metode Penelitian
Dalam pengerjaan makalah ini, penulis memperoleh data dengan cara menyebarkan angket. Angket tersebut kami sebarkan kepada seluruh mahasiswa jurusan mandarin dengan jumlah total sebanyak 100 angket.
3.2 Hasil Penelitian
Data angket yang diperoleh , kami buat table sepertiberikut:

1. Pernah anda mendengar apa itu aplikasi game chinese writer ?
Pilihan
Jawaban
Jumlah
Persentase
A
Pernah
93
93 %
B
Tidak Pernah
7
7 %

Dari hasil penelitian 100 mahasiswa tercatat 93% mahasiswa pernah mendengar apa itu aplikasi game chnise writer dan 7% mahasiswa  tidak pernah mendengar apa itu aplikasi game chenise writer.


                                                                                                                                                4
2. Apa yang kamu ketahui tentang aplikasi game Chinese writer?
Pilihan
Jawaban
Jumlah
Persentase
A
Aplikasi yang sangat melatih kecepatan tangan
80
80 %
B
Tidak tahu
20
20 %

Dari hasil penelitian 100 mahasiswa tercatat 80% mahasiswa menjawab aplikasi game chenise writer adalah aplikasi yang sangat melatih kecepatan tangan dan 20% mahasiswa menjawab tidak tahu tentang aplikasi Chinese writer.
3. Dimana anda menggunakan aplikasi game Chinese writer selain di kampus ?
Pilihan
Jawaban
Jumlah
Persentase
A
Rumah
59
59 %
B
Mall
19
19 %
C
Tempat Tongkrongan
4
4 %
D
Lain-lain
18
18 %

Dari hasil penelitian 100 mahasiswa tercatat 59% mahasiswa menggunakan aplikasi game chinese writer di rumah, 19% mahasiswa menggunakan aplikasi game chinese writer di mall, 4% mahasiswa menggunakan aplikasi game chinese writer di tempat tongrongan dan 18% mahasiswa menggunakan aplikasi game chinese writer di tempat lain.
                                                                                                                                                5
4 . Menggunakan aplikasi game chinese writer dilakukan untuk  .......
Pilihan
Jawaban
Jumlah
Persentase
A
Melatih kecepatan tangan 
69
69 %
B
Melatih daya pikiran
10
10 %
C
Hanya iseng-iseng
9
9 %
D
Lain-lain
12
12 %

Dari hasil penelitian 100 mahasiswa tercatat 69% mahasiswa melakukannya karena melatih kecepatan tangan  , 10% mahasiswa melakukan karena melatih daya pikiran, 9% mahasiswa melakukan karena hanya iseng-iseng dan 12% mahasiswa melakukan karena alasan lain.
5. Apa tujuan anda menggunakan aplikasi game chinese writer?
Pilihan
Jawaban
Jumlah
Persentase
A
Melatih kecepatan tangan 
70
70 %
B
Melatih daya ingat
4
4 %
C
Ikut-ikut
5
5 %
D
Lain-lain
21
21 %

Dari hasil penelitian 100 orang tercatat 70% orang tujuannya karena melatih kecepatan tangan  , 4% melatih daya ingat, 5% ikut-ikutan, 21% lain-lain.
6

6. Apakah dilingkungan anda mendukung jika anda menggunakan aplikasi game chinese writer?
Pilihan
Jawaban
Jumlah
Persentase
A
Mendukung
89
89 %
B
Tidak Mendukung
11
11 %




Dari hasil penelitian 100 orang tercatat 89% orang lingkungannya mendukung dan 11% orang lingkungannya kurang mendukung.
7. Saat dimana anda mengetahui aplikasi game chinese writer?
Pilihan
Jawaban
Jumlah
Persentase
A
Di Keluarga  
23
23 %
B
Di Sekolah 
43
43 %
C
Di Lingkungan Organisasi
25
25 %
D
Lain-lain
9
9 %

Dari hasil penelitian 100 orang tercatat 23% orang mengenal dari keluarga, 43% orang mengenal dari sekolah, 25% orang mengenal dari lingkup organisasi dan 9% orang mengenal dari kegiatan lain

7
8. Setujukah anda bila di universitas anda mengadakan lomba mengaplikasi game chinese writer  ?
Pilihan
Jawaban
Jumlah
Persentase
A
Setuju
38
38 %
B
Tidak Setuju
62
62 %



Dari hasil penelitian 100 orang tercatat 38% orang setuju jika universitas lomba mengaplikasi game chinese writer dan 62% orang tidak setuju dengan adanya lomba mengaplikasi game chinese writer
9. Manfaat apa yang anda dapat dari mengaplikasi game chinese writer?
Pilihan
Jawaban
Jumlah
Persentase
A
Mempercepat tulisan tangan
37
37 %
B
Lebih bisa lagi
28
28 %
C
Tidak ada
35
35 %

Dari hasil penelitian 100 orang tercatat 37% orang mempercepat tulisan tangan, 28% orang lebih bisa lagi, dan 35% orang menyadari bahwa masih tidak ada mafaat yang didapat.



8
10. Dampak dari anda sering mengaplikasi game chinese writer?
Pilihan
Jawaban
Jumlah
Persentase
A
Malas menulis di kertas
62
62 %
B
Memotivasi Diri 
22
22 %
C
Tidak Merasakan Apa-apa
5
5 %
D
Lain-lain
11
11 %

Dari hasil penelitian 100 orang tercatat 62% orang malas menulis di kertas, 22% orang berdampak untuk memotivasi diri, 5% orang berdampak tidak merasakan apa-apa dan 11% orang berdampak lain-lain.                                                                                                               







9
BAB 4
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
          Dari hasil penelitian yang telah kami lakukan dengan penyebaran angket, dapat kami ambil kesimpulan sebagai berikut:
1.      Banyak mahasiswa Universitas Widya Kartika Surabaya yang masih belum paham tentang bagaimana menggunakan aplikasi game writer.
2.      Sebagian besar mahasiswa Universitas Widya Kartika Surabaya masih belum mengetahui dampak dari menggunakan aplikasi game writer.

4.2 Saran
  1. Sebaiknya menggunakan aplikasi game writer dilakukan skurang lebih setiap hari , agar dapat mempercepat kepintaran yang di dapat.
            2. Setiap kita harus juga bisa menggunakan aplikasi game writer.

           




Tidak ada komentar:

Posting Komentar