BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang masalah pada umumnya membutuhkan manusia lain .
Dalam lingkup ini kami ingin
mengetahui seberapa jauh pengetahuan para mahasiswa terhadap cara
pengaplikasian game Chinese writer. Khususnya pada mahasiswa yang mengambil
jurusan bahasa mandarin.
1.2 Perumusan Masalah
Dari latar belakang diatas maka penulis mengambil
perumusan masalah sebagai berikut : “Bagaimana cara pengaplikasian game Chinese writer dikalangan
mahasiswa khususnya di Universitas Widya kartika ?”
1.3 TujuanPenelitian
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan mahasiswa dalam game Chinese writer.
1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian untuk mengatahui pengetahuan mahasiswa dalam game Chinese writer.
1.5 Metode Penelitian
Untuk mengetahui data dan infortmasi yang diperlukan, penulis menggunakan angket untuk
mendapatkan hasil penelitian, selain itu kami juga mengambil dari media masa
dan internet.
1.6 Hipotesis
Hipotesis dari makalah ini yaitu seberapa jauh pengetahuan mahasiswa dalam game Chinese writer padah mahasiswa
Universitas Widya Kartika.
1.7 Waktu dan Lokasi Penelitihan
Waktu dan lokasi dalam pelaksanaan penelitian dilakukan di Universitas Widya Kartika
dalam jangka waktu sekitar satu bulan.Dimulai dari penelitihan data ,pengumpulan data hingga kegiatan lapangan dan yang akhir penulisan hasil akhir penelitian.
1
1.8 Sistematika
Penulisan
Sistematika penulisan dalam makalah
ini akan dijelaskan hasil penelitian dimulai dari bab pendahuluan, Bab itu merupakan
latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian,
metode penelitian, hipotesis, waktu dan lokasi penelitian, sampai proses
terakhir pada sistematika penelitihan. Selanjutnya dilanjutkan dengan bab kedua
yang berisi tentang kerangkateoritis yang terdiridari beberapa definisi tentang
Pengaplikasian
game Chinese writer pada mahasiswa uwika.
Lalu bab berikutnya penulis membahas secara seluruh tentang masalah yang
diangkat yaitu mengenai manfaat yang diperoleh saat mahasiswa mengunakan
aplikasi Chinese writer. Bab keempat merupakan bab penutup dalam karya ini.
Pada bagian ini, penulis penyimpulkan uraian yang sebelumnya yang telah disampaikan,
dan memberikan saran agar mahasiswa yang belum bisa menggunakan aplikasi tersebut
dapat menggunakan dengan benar.
2
BAB 2
LANDASAN TEORI
2.1
Pengertian Pengaplikasian game Chinese writer
Aplikasi chinese writer ini
hanya ada di play store android dan app
store iphone.Aplikasi ini juga dapat diunggahnya secara free dan aplikasi ini
dapat digunakan oleh siapa saja.
2.2 Tujuan menggunakan aplikasi game writer
Memudahkan seseorang untuk
belajar bahasa mandarin.
2.3
Manfaat
menggunakan
aplikasi game writer
1. Untuk belajar menulis goresan mandarin.
2. Melatih kecepatan tangan dalam menulis hanzi mandarin.
2.4 Penyebab aplikasi game writer
1. Banyak mahasiswa yang belum bisa ahli dalam menulis
hanzi mandarin.
2. Banyak mahasiswa yang masih kurang menengerti
langkah-langkah yang benar dalam menulis hanzi mandarin.
3
BAB 3
PEMBAHASAN PENELITIAN
3.1 Metode
Penelitian
Dalam pengerjaan
makalah ini, penulis
memperoleh data dengan cara menyebarkan angket. Angket tersebut kami sebarkan
kepada seluruh mahasiswa jurusan mandarin
dengan jumlah total sebanyak 100 angket.
3.2 Hasil Penelitian
Data angket yang
diperoleh , kami buat table sepertiberikut:
1. Pernah anda
mendengar apa itu
aplikasi game chinese writer ?
Pilihan
|
Jawaban
|
Jumlah
|
Persentase
|
A
|
Pernah
|
93
|
93 %
|
B
|
Tidak Pernah
|
7
|
7 %
|
Dari hasil
penelitian 100 mahasiswa
tercatat 93% mahasiswa
pernah mendengar apa itu aplikasi game chnise writer dan 7% mahasiswa tidak pernah mendengar apa itu aplikasi game chenise
writer.
4
2. Apa yang kamu
ketahui tentang aplikasi
game Chinese writer?
Pilihan
|
Jawaban
|
Jumlah
|
Persentase
|
A
|
Aplikasi yang sangat melatih kecepatan tangan
|
80
|
80
%
|
B
|
Tidak
tahu
|
20
|
20
%
|
Dari hasil
penelitian 100 mahasiswa
tercatat 80% mahasiswa
menjawab aplikasi
game chenise writer adalah aplikasi yang sangat melatih kecepatan tangan
dan 20% mahasiswa menjawab tidak
tahu tentang aplikasi Chinese writer.
3. Dimana anda menggunakan aplikasi game Chinese writer
selain di kampus
?
Pilihan
|
Jawaban
|
Jumlah
|
Persentase
|
A
|
Rumah
|
59
|
59 %
|
B
|
Mall
|
19
|
19 %
|
C
|
Tempat Tongkrongan
|
4
|
4 %
|
D
|
Lain-lain
|
18
|
18 %
|
Dari hasil
penelitian 100 mahasiswa
tercatat 59% mahasiswa
menggunakan aplikasi game chinese writer
di rumah,
19% mahasiswa menggunakan aplikasi game chinese writer
di mall, 4% mahasiswa menggunakan aplikasi game chinese writer
di tempat tongrongan dan
18% mahasiswa menggunakan aplikasi game chinese writer
di tempat lain.
5
4
.
Menggunakan aplikasi game chinese writer dilakukan untuk .......
Pilihan
|
Jawaban
|
Jumlah
|
Persentase
|
A
|
Melatih kecepatan tangan
|
69
|
69 %
|
B
|
Melatih daya pikiran
|
10
|
10 %
|
C
|
Hanya iseng-iseng
|
9
|
9 %
|
D
|
Lain-lain
|
12
|
12 %
|
Dari hasil
penelitian 100 mahasiswa
tercatat 69% mahasiswa
melakukannya karena melatih
kecepatan tangan ,
10% mahasiswa melakukan karena melatih daya pikiran,
9% mahasiswa melakukan karena hanya iseng-iseng
dan 12% mahasiswa melakukan karena
alasan lain.
5.
Apa tujuan anda menggunakan aplikasi game chinese writer?
Pilihan
|
Jawaban
|
Jumlah
|
Persentase
|
A
|
Melatih kecepatan tangan
|
70
|
70 %
|
B
|
Melatih daya ingat
|
4
|
4 %
|
C
|
Ikut-ikut
|
5
|
5 %
|
D
|
Lain-lain
|
21
|
21 %
|
Dari hasil
penelitian 100 orang tercatat 70% orang tujuannya karena melatih kecepatan tangan , 4% melatih
daya ingat, 5% ikut-ikutan, 21% lain-lain.
6
6.
Apakah dilingkungan anda mendukung jika anda menggunakan aplikasi game chinese writer?
Pilihan
|
Jawaban
|
Jumlah
|
Persentase
|
A
|
Mendukung
|
89
|
89
%
|
B
|
Tidak
Mendukung
|
11
|
11
%
|
Dari hasil
penelitian 100 orang tercatat 89% orang lingkungannya mendukung dan 11% orang
lingkungannya kurang mendukung.
7.
Saat dimana anda mengetahui aplikasi game chinese writer?
Pilihan
|
Jawaban
|
Jumlah
|
Persentase
|
A
|
Di Keluarga
|
23
|
23 %
|
B
|
Di Sekolah
|
43
|
43 %
|
C
|
Di Lingkungan Organisasi
|
25
|
25 %
|
D
|
Lain-lain
|
9
|
9 %
|
Dari hasil
penelitian 100 orang tercatat 23% orang mengenal dari keluarga, 43% orang
mengenal dari sekolah, 25% orang mengenal dari lingkup organisasi dan 9% orang
mengenal dari kegiatan lain
7
8.
Setujukah anda bila di universitas anda mengadakan lomba mengaplikasi game chinese writer ?
Pilihan
|
Jawaban
|
Jumlah
|
Persentase
|
A
|
Setuju
|
38
|
38
%
|
B
|
Tidak
Setuju
|
62
|
62
%
|
Dari hasil
penelitian 100 orang tercatat 38% orang setuju jika universitas lomba mengaplikasi game chinese writer
dan 62% orang tidak setuju dengan adanya lomba
mengaplikasi
game chinese writer.
9.
Manfaat apa yang anda dapat dari
mengaplikasi
game chinese writer?
Pilihan
|
Jawaban
|
Jumlah
|
Persentase
|
A
|
Mempercepat tulisan tangan
|
37
|
37 %
|
B
|
Lebih bisa lagi
|
28
|
28 %
|
C
|
Tidak ada
|
35
|
35 %
|
Dari hasil
penelitian 100 orang tercatat 37% orang mempercepat
tulisan tangan, 28% orang lebih bisa lagi, dan 35% orang
menyadari bahwa masih tidak ada mafaat
yang didapat.
8
10.
Dampak dari anda sering mengaplikasi game chinese writer?
Pilihan
|
Jawaban
|
Jumlah
|
Persentase
|
A
|
Malas menulis di kertas
|
62
|
62 %
|
B
|
Memotivasi Diri
|
22
|
22 %
|
C
|
Tidak Merasakan Apa-apa
|
5
|
5 %
|
D
|
Lain-lain
|
11
|
11 %
|
Dari hasil
penelitian 100 orang tercatat 62% orang malas
menulis di kertas, 22% orang berdampak untuk memotivasi
diri, 5% orang berdampak tidak merasakan apa-apa dan 11% orang berdampak
lain-lain.
9
BAB
4
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Dari
hasil penelitian yang telah kami lakukan dengan penyebaran angket, dapat kami
ambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Banyak
mahasiswa Universitas Widya Kartika
Surabaya yang masih belum paham
tentang bagaimana menggunakan aplikasi game writer.
2. Sebagian
besar mahasiswa Universitas Widya Kartika
Surabaya masih belum mengetahui dampak dari menggunakan
aplikasi
game writer.
4.2
Saran
1.
Sebaiknya menggunakan aplikasi game writer
dilakukan skurang lebih setiap hari , agar dapat mempercepat kepintaran yang di
dapat.
2. Setiap kita harus juga bisa menggunakan aplikasi game writer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar